Tuesday, 31 July 2012

INTERFACE DAN HIRARKI PERGUDANGAN DENGAN TRANSAKSI PEMESANAN BARANG

Standard
INTERFACE DAN HIRARKI PERGUDANGAN DENGAN TRANSAKSI PEMESANAN BARANG

Dalam penggunaan umum, sebuah antarmuka atau interface adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi "i/f".

Bentuk kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.

Hirarki (Bahasa Yunani: hierarchia (ἱεραρχία), dari hierarches, "pemimpin ritus suci, imam agung") adalah suatu susunan hal (objek, nama, nilai, kategori, dan sebagainya) di mana hal-hal tersebut dikemukakan sebagai berada di "atas," "bawah," atau "pada tingkat yang sama" dengan yang lainnya. Secara abstrak, sebuah hirarki adalah sebuah kumpulan yang disusun.

Sebuah hirarki dapat menautkan entitas-entitas baik secara langsung maupun tidak langsung, dan baik secara vertikal maupun horizontal. Satu-satunya tautan langsung pada sebuah hirarki, sejauh mereka hirarkis, adalah kepada yang berada di posisi superior maupun kepada yang berada di posisi subordinat secara langsung, meskipun sebuah sistem yang hirarkis secara lebih luas bisa mengadopsi bentuk hirarki alternatif. Tautan hirarkis tidak langsung bisa diperluas "secara vertikal" ke atas maupun ke bawah melalui beberapa tautan dalam arah yang sama, mengikuti sebuah jalur. Semua bagian dari hirarki yang tidak bertaut secara vertikal kepada yang lain dapat bertaut "secara horizontal" melalui sebuah jalur dengan menelusuri hirarki untuk menemukan superior bersama yang berhubungan langsung maupun tidak langsung, dan kemudian ke bawah lagi. Hal ini mirip dengan rekan kerja atau kolega; masing-masing memiliki kewajiban untuk bertanggungjawab pada atasan bersama, tetapi mereka sama-sama memiliki otoritas yang relatif sama. Ada bentuk organisasi yang merupakan alternatif maupun mendukung hirarki. Heterarki (seringkali disebut HT) merupakan salah satunya.

Interface Transaksi Pemesanan Barang
Berikut gambar interface transaksi pemesanan barang dari toko konsumen:



Pada contoh interface ini, bapak Nur Rochim memesan tiga buah barang yaitu meja jenis 1, kursi jenis 1 dan lemari jenis 2 dengan rincian yang dapt dilihat pada gambar diatas. Transaksi ini terdapat tiga buah modul yaitu modul cari barang, modul hitung potongan dan modul hitung jumlah bayar.

Alur Interface



Pada alur interface gambar disamping dapat dijelaskan bahwa modul cari barang mengambil filed kode barang, nama, dan harga kemudian harga dan jumlah dipakai untuk menghitung potongan dengan rumus total harga per @ >= 3000000 mendapatkan potongan 5%. Sedangkan total diambil dari harga*jumlah kemudian jumlaha akhir didapat dari sum(jumlah) dan jumlah potongan didapat dari total*potongan menghasilkan hasil akhir yaitu jumlah bayar.
Alur Pemesanan



Pemesan melakukan pemesanan dengan barang yang sudah ditentukan kemudian diolah sehingga mendapatkan potongan dan barang selesai dipesan.
Hirarki Transaksi Pemesanan Barang Pergudangan
Berikut ini adalah hirarki dari transaksi pemesanan barang oleh toko konsumen:



Dari gambar hirarki diatas dapat dijelaskan bahwa modul transaksi pemesanan barang terdiri dari hitung jumlah bayar dan hitung potongan yang didapat dari modul cari barang.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...

Copyright © AIMAGU | Belajar Pemrograman Komputer Mudah dan Menyenangkan
Design by Automattic | Blogger Theme by NewBloggerThemes | Official: www.aimagu.com